Skip to content
Januari 6, 2011 / kazekane

Perpustakaan Terapung


Pustaka 5 adalah sebuah kapal yang dirombak Perpustakaan Nasional RI menjadi perpustakaan keliling terapung dalam program “Revitalisasi Perpustakaan”. Kapal ini berisikan kurang lebih 2.000 buku dengan didalam ruangan ber-AC yang juga dilengkapi proyektor audio-video untuk multimedia. Mempunyai panjang 15,5 Meter sehingga bisa memuat 20 pengunjung sekaligus. Kapal ini bernilai Rp1,65 miliar dari fiberglass.

Kapal ini dihibahkan ke Kodya Ternate pada akhir tahun 2010, setelah menempuh perjalanan selama satu minggu dari Jakarta. Kapal ini akan dioperasionalkan untuk keliling ke pulau-pulau disekitar Ternate yang minim prasarana perpustakaan, seperti pulau Hiri, Mayau,  Maka,  Mano,  hingga  Gurida dan Tifure.

Hal ini tentu saja di sambut baik oleh Walikota Ternate, Burhan Abdurahman, walaupun akan menyedot APBD untuk operasional dan maintenance kapal tersebut. Tapi pendidikan tetap adalah hal dasar yang menjadi perhatian utama.

Apabila kapal di jalankan dengan kecepatan 16 knot per jam akan membutuhkan kurang lebih 50 Liter bensin, sementara pulau-pulau tersebut ditempuh dalam 4 jam perjalanan. Kapal tersebut akan berisikan 4 orang awak, 2 orang teknisi dan 2 orang pustakawan dari perpustakaan daerah.

Konsep Perpustakaan Terapung tak cuma ada di Indonesia, di Thailand untuk sepanjang sungai Chao Phraya, Bangladesh, Norwegia dengan Kapal Epos, Jerman dengan kapal perpustakaan terbesar MV Doulos.

Posted with WordPress for BlackBerry.

  1. dariyakinkuteguh / Jan 6 2011 11:57 am

    baca buku aja dah punyeng, tambah ngapung diatas aer, butuh antimo dah

    Suka

    • kazekane / Jan 6 2011 6:17 pm

      Bener juga ya..tapi buat orang-orang terpencil ini adalah seperti oase di padang pasir😉

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: