Skip to content
Januari 8, 2011 / kazekane

2000 Komet ditemukan


Satelit SOHO Berhasil menemukan 2000 Komet sejak di luncurkan 15 tahun yang lalu, 1000 penemuan pertama dilakukan selama 10 tahun dan 1000 penemuan berikutnya dalam waktu hanya 5 tahun. Walaupun awalnya satelit tidak direncanakan untuk meneliti komet melainkan meneliti atmosfer matahari (Korona).

Ketika mengorbit dan mencitrakan matahari, SOHO menghalangi bagian yang paling terang dan mengirim citranya ke bumi. Astronom mendeteksi adanya komet dengan melihat spot yang ada pada sisi bagian yang terang, penanda adanya komet.

Satelit SOHO ini melibatkan kurang lebih 70 orang astronom amatir dan profesional dari 18 negara, semuanya melakukan secara sukarela. Komet-komet tersebut di amati lewat citra yang dihasilkan oleh Large Angle and Spectrometric Coronagraph (LASCO), kamera satelit SOHO. Komet yang ke-2000 ditemukan oleh Michal Kusiak, mahasiswa astronomi di Jagiellonian University, Polandia.

Keseluruhan data komet tersebut dikirim ke Minor Planet Center di Cambridge untuk kemudian diberi nama resmi. Menurut analisa para astronom 85% asal komet tersebut berasal dari komet yang lebih besar yang bernama Kreutz yang hancur beberapa ratus tahun yang lalu.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: