Skip to content
Januari 11, 2011 / kazekane

Makanan pengantar tidur


Siapa yang pernah merasakan susah tidur? Sayaaaaaaaa…

Sudah beraktivitas seharian penuh dan badan terasa penat dan membutuhkan tidur, tapi ketika sudah didalam kamar dan siap untuk tidur tapi mata ini tidak juga bisa di pejamkan.

Saya tidak memcoba membahas penyebab hal tersebut karena saya bukan orang kedokteran dan tidak terlalu paham hal tersebut.

Saya biasanya melakukan kegiatan yang bisa membantu saya untuk merangsang rasa kantuk, baca buku atau menonton film yang membosankan hehehe…

Selain hal tersebut ternyata sahabat blogger bisa juga menstimulasi rasa kantuk dengan makanan sehingga sahabat blogger bisa lebih cepat tidur dan nyenyak, berikut beberapa jenis makanan yang bisa membuat anda bermimpi indah.

1. Kacang almond

Magnesium bukan hanya mengudang kantuk tapi juga membuat otot lebih relaks. Proteinnya juga menjaga kadar gula darah saat tidur, dan mengubah adrenalin dari siklus aktif menjadi siklus istirahat.

2. Teh

Menghindari segala yang berbau kafein, baik dilakukan menjelang tidur. Tapi teh chamomile justru pengundang rasa kantuk yang efektif. Pilihan lain, adalah teh hijau. Teh mengandung tanin yang baik untuk mengundang kantuk.

3. Sup Miso

Sup ala Jepang ini mengandung asam amino yang bisa mendorong produksi melatonin hormon alami yang bisa membuat Anda terus ingin menguap dan mengantuk. Sementara cairan hangat, bisa meringankan gejala flu dan rasa dingin di malam hari.

4. Pisang

Pisang adalah sumber magnesium dan potasium yang sempurna yang membantu merelakskan otot. Pisang juga mengandung tritopan yang dalam tubuh berubah menjadi serotonin dan melatonin, dua kunci hormon yang menenangkan di otak.

5. Susu

Susu, yogurt atau keju mengandung tritopan yang berefek membuat orang lebih mudah mengantuk. Sementara kandungan kalsiumnya baik untuk mengurangi stres dan menstabilkan serat saraf di otak.

6. Oatmeal

Oatmeal bukan hanya untuk sarapan, tapi juga bekal yang baik menjelang masa istirahat. Oatmeal kaya akan kalsium, magnesium, fosfor, silikon dan potasium yang baik untuk mengantar Anda menuju alam mimpi. Tapi hindari gula saat menyiapkannya. Sebagai gantinya tambahkan buah yang rasanya sudah manis seperti pisang.

7. Telur

Kadang kala orang bisa terus terjaga ketika seharusnya mulai mengantuk karena terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, dan kekurangan protein. Terlalu banyak karbohidrat akan membuat kadar gula naik, lalu tiba-tiba turun saat Anda tertidur yang membuat orang terbangun dan sulit tidur lagi. Solusinya? Makanlah telur, keju, kadang atau cemilan apapun yang tinggi protein.

8. Edamame atau Kedelai Hijau

Ingin yang asin-asin sebelum tidur. Segenggam kedelai hijau kukus, cukup untuk membuat mata terasa berat. Fitoestrogen dalam makanan ini juga punya khasiat tambahan buat perempuan yang mengidap gejala yang berhubungan dengan menopouse.

9. Buah Ceri

Buah ceri kaya akan melatonin yang sangat baik untuk membantu mengurangi insomnia. Walau para ahli masih memperdebatkan berapa dosis tepat untuk membuat ngantuk, namun mencoba segelas jus ceri atau kue berbahan ceri tak ada salahnya.

10. Sereal

Jangan merasa bersalah berbekal semangkuk sereal sebelum tidur. Kudapan yang kaya serat ini dijamin dengan cepat mengundang rasa kantuk buat Anda. Tapi pilih yang redah gula dan berasal dari gandum utuh.

Sumber : Kompas

Posted with WordPress for BlackBerry.

  1. achoey el haris / Jan 11 2011 11:11 am

    Tedur bisa benar2 pulas deh🙂

    Suka

  2. deniagus / Jan 11 2011 9:58 am

    teh dan susu harap dicoret dari lis, malah bikin laper, kalo dah laper tambah susah buat tidur😀

    Suka

    • kazekane / Jan 11 2011 10:14 am

      Menurut penulis ya sebaiknya makan berat dulu sebelum minum teh dan susu😀

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: